Pengertian Visi dan Misi Beserta Contoh Yang Benar

BACA JUGA, MATERI INI

Apa itu Visi dan Misi? Sudah tahukah kamu? Jika visi dan misi memiliki keterkaitannya namun tetap berbeda dalam fungsinya. Lalu apa pengertian Visi dan Misi? apa perbedaannya? dan bagaimana contoh visi misi yang benar? Yuk simak artikel RuangTeori.com kali ini mengenai Pengertian Visi dan Misi Beserta Contoh Yang Benar.

Nah sebelum itu ketahuilah beberapa topik pada artikel ini melalui daftar isi berikut ini.
  1. Apa itu visi dan misi?
  2. Perbedaan visi dan misi
  3. Pentingnya memiliki visi dan misi
  4. Contoh visi dan misi yang baik dan benar
Jika sudah tahu daftar isi dari artikel ini silahkan untuk melanjutkan mempelajari teori visi dan misi ini.

Apa Itu Visi Misi? Ini Dia Pengertian Visi dan Misi

Pengertian Visi dan Misi Beserta Contoh Yang Benar


Seperti yang sudah kami singgung sebelumnya, visi dan misi memiliki pengertian yang berbeda namun saling memiliki keterkaitan. Nah lalu apa itu visi dan apa itu misi? Apa Pengertian Visi dan Misi? Yuk kita pelajari bersama teori kali ini.

Pengertian Visi

Tahukah kamu? Visi merupakan sebuah serangkaian kata atau kalimat atau pernyataan yang menunjukkan sebuah cita-cita atau impian dari perusahaan maupun organisasi. Visi sendiri digunakan sebagai tujuan dari sebuah perusahaan maupun organisasi. Melalui visi yang dibuatlah mereka akan memacu dan terus mengejar target atau tujuan dari perusahaan atau organisasi mereka.

Pengertian Visi merupakan hasil dari pikiran-pikiran atau gagasan dari para pendiri sebuah perusahaan atau organisasi. Visi adalah pandangan mengenai arah dari suatu perusahaan atau organisasi melalui manajamennya. Misal nih, kamu memiliki sebuah lembaga pendidikan tentunya kamu harus memiliki visi untuk lembaga pendidikanmu tersebut bukan? Nah tentunya lembaga pendidikanmu tersebut ingin bisa mewujudkan sesuatu atau memiliki tujuan dong. Diantaranya seperti ingin menciptakan SDM yang unggul, berkualitas.

Pengertian Misi

Sedangkan Pengertian Misi adalah sebuah tahapan yang harus dilakukan guna mencapai visi yang sudah dibuat. Disisi lain, misi juga merupakan sebuah deskripsi atau tujuan mengapa perusahaan, organisasi atau instansi tersebut berada di tengah-tengah masyarakat.

Misi juga bisa disebut sebagai penjabaran dari sebuah visi. Jika sebelumnya visi dituliskan hanya melalui satu kalimat saja yakni tujuan, maka misi merupakan sebuah penjabaran dengan beberapa kalimat yang mudah untuk dipahami pembaca atau siapa saja yang melihatnya.

Nah menyambung dari contoh yang sudah kami berikan pada pengertian visi sebelumnya yakni lembaga pendidikan. Tentunya dari visi yang dibuat tersebut harus ada upaya atau langkah yang harus dilakukan oleh seluruh komponen karyawan lembaga pendidikan tersebut. Jika ingin menciptakan SDM yang unggul, berkualitas lantas langkah apa saja yang harus dilakukan? Selengkapnya mengenai contoh visi dan misi bisa kamu baca dibawah ya teman-teman.

Perbedaan Visi dan Misi

Lalu apa yang menjadikan visi dan misi berbeda? Seperti yang sudah kami singgung diawal artikel ini, bila visi dan misi itu berbeda namun memiliki keterkaitan satu sama lain. Perbedaan visi dan misi antara lain sebagai berikut.

No Visi Misi
1. Visi merupakan sebuah gambaran, tujuan utama dan cita-cita sebuah perusahaan, organisasi, maupun kelompok atau individu  di masa yang akan datang. Misi merupakan penjabaran atau sebuah tahapan yang harus dilakukan guna mencapai dan mewujudkan tujuan (visi) tersebut.
2. Visi berupa cita-cita jangka panjang dan berorientasi kedepan. Misi berupa cita-cita jangka pendek dan berorientasi masa kini.
3. Visi biasanya bersifat tetap, namun jika memang dalam berjalannya waktu visi tersebut dianggap sudah tidak relevan lagi bisa dirubah dengan  Misi secara umum bisa diganti ketika misi yang tertuang tidak bisa dijalankan atau gagal guna mendukung terwujudnya visi.
4. Visi umumnya terdiri dari satu deret kalimat atau poin yang jelas, padat dan mewakili segalanya. Misi secara umumnya terdiri dari beberapa kalimat atau beberapa poin penjabaran yang lebih banyak
5. Berisi pernyataan-pernyataan umum yang mudah dimengerti. Pernyataanya bersifat khusus dan lebih detail.


Pentingnya Memiliki Sebuah Visi dan Misi

Pentingnya Memiliki Visi dan Misi


Seberapa penting sih memiliki visi dan misi? Pertanyaannya jika sebuah perusahaan atau organisasi tidak memiliki tujuan dan arah, apa yang terjadi? Tentunya untuk memiliki arah maupun tujuan yang terarah, para pendiri maupun pimpinan perusahaan harus mempunyai gagasan untuk masa depan perusahaan.

Untuk mewujudkannya perlu ada pedoman yang harus dipegang teguh seluruh karyawan perusahaan didalam sebuah manajemen perusahaan. Visi dan misi merupakan salah satu bentuk gagasan atau pedoman tersebut. Melalui visi dan misi karyawan dan seluruh stakeholder terkait dapat mengetahui mau dibawa kemana suatu perusahaan.

Selain itu dengan adanya visi dan misi menjadikan sebuah perusahaan/organisasi menjadi kredibel. Sehingga para investor bisa lebih percaya kepada perusahaan tersebut dan mau berinvestasi dengan perusahaan tersebut. Yakli investor menginvestasikan uangnya untuk perusahaan yang tidak memiliki tujuan dan arah yang jelas? Nah untuk itu ini lah pentingnya sebuah perusahaan, organisasi, lembaga, atau kelompok lain memiliki visi dan misi.

Contoh Visi dan Misi Yang Benar

 Contoh Visi dan Misi Yang Benar


Memang untuk memahami sebuah teori seperti halya Pengertian Visi dan Misi tidak akan mudah jika tidak diberi contoh. Nah berikut contoh visi dan misi yang benar.

Contoh Visi dan Misi Bidang Pendidikan (Kemendikbud RI)

Visi: “Terbentuknya Insan serta Ekosistem Pendidikan dan Kebudayaan yang Berkarakter dengan Berlandaskan Gotong Royong”.

Misi:

  1. Mewujudkan Pelaku Pendidikan dan Kebudayaan yang Kuat
  2. Mewujudkan Akses yang Meluas, Merata, dan Berkeadilan
  3. Mewujudkan Pembelajaran yang Bermutu
  4. Mewujudkan Pelestarian dan Pemajuan Kebudayaan, serta Pengembangan Bahasa
  5. Mewujudkan Penguatan Tata Kelola serta Peningkatan Efektivitas Birokrasi dan Pelibatan Publik

Contoh Visi dan Misi Yang Benar Bidang Keuangan (Kementerian Keuangan RI)

Visi: "Menjadi penggerak utama pertumbuhan ekonomi Indonesia yang produktif, kompetitif, inklusif, dan berkeadilan di abad ke-21".

Misi:

  1. Mencapai tingkat pendapatan negara yang tinggi melalui pelayanan prima serta pengawasan dan penegakan hukum yang efektif
  2. Menerapkan kebijakan fiskal yang responsif dan berkelanjutan
  3. Mengelola neraca keuangan pusat yang inovatif dengan risiko minimum
  4. Memastikan belanja negara yang berkeadilan, efektif, efisien, dan produktif
  5. Mengembangkan proses bisnis inti berbasis digital dan pengelolaan Sumber Daya Manusia yang adaptif sesuai kemajuan teknologi.

Contoh Visi dan Misi Bidang Wisata (Kementerian Pariwisata RI)


Visi: "Indonesia Menjadi Negara Tujuan Pariwisata Kelas Dunia"

Misi:

  1. Mengembangkan Destinasi Pariwisata Kelas Dunia
  2. Melakukan Pemasaran Dengan Berorientasi Kepada Wisatawan
  3. Mengembangkan Lingkungan Dan Kapasitas Industri Pariwisata Yang Berdaya Saing Tinggi 
  4. Meningkatkan Kapasitas Dan Kapabilitas Kelembagaan Pariwisata Nasional
  5. Meningkatkan Profesionalisme Birokrasi Kementerian Pariwisata Melalui Reformasi Birokrasi


Nah untuk contoh lainnya bisa lihat visi dan misi dari Ruang Teori di Tentang Ruang Teori atau [klik disni].

Kesimpulan, Pengertian Visi dan Misi

Jadi dari penjelasan kami diatas mengenai pengertian visi dan misi, perbedaan visi dan misi, serta contoh visi dan misi yang benar, maka kami menyimpulkan bahwa visi dan misi adalah sebagai berikut.

Kesimpulan Teori Pengertian Visi dan Misi
Visi
  1. Visi merupakan tujuan utama dari suatu perusahaan.
  2. Visi ditulis melalui satu kalimat yang jelas, fokus dengan tujuan dan cita-cita perusahaan.
  3. Visi merupakan sebuah cita-cita dan tujuan yang ingin diraih, dicapai suatu perusahaan/organisasi di masa yang akan datang.
Misi
  1. Misi merupakan tahapan yang harus dilakukan guna mencapai visi.
  2. Misi merupakan pendukung visi.
  3. Karena misi merupakan rangkaian atau penjabaran dari hal yang harus dicapai untuk menuju visi, jadi misi ditulis dalam bentuk poin-poin.
  4. Misi berfokus pada cara pencapaian tujuan.

Penutup, Pengertian Visi dan Misi Beserta Contoh Yang Benar

Semoga dari penjelasan kami diatas kamu bisa paham mengenai pengertian visi dan misi serta contoh visi dan misi yang benar. Jika masih ada yang perlu dipertanyakan, silahkan tulis pertanyaan Kamu di kolom komentar.

Terimakasih sudah mau belajar dan membaca teori kali ini mengenai Pengertian Visi dan Misi Beserta Contoh yang benar. semoga bisa bermanfaat bagi teman-teman yang mempelajari teori ini. Jangan lupa terus dukung Ruang Teori menjadi portal informasi pendidikan terbaik di Indonesia. Baik melalui kritik, saran, maupun dukungan menyebarkan semua artikel melalui sosial media kamu.
Mungkin kamu juga mencari materi ini
Load Comments

Comments